BAB 8. MEDIA KOMUNIKASI HUMAS - OTOMATISASI DAN TATA KELOLA HUMAS SMK N 1 LUMAJANG
MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
A. DEFINISI MEDIA KOMUNIKASI
Media komunikasi humas adalah segala bentuk media yang digunakan oleh seorang praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan mempublikasikan secara luas dan tujuannya agar produk/jasa yang dipasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.Media humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi.
B. MACAM MACAM MEDIA KOMUNIKASI
Media komunikasi yang digunakan oleh humas ada dua macam yaitu:
Media yang tidak dibuat oleh humas
Media ini disebut juga dengan media komunikasi komersial. Media komunikasi komersial diantaranya ada 5, yaitu:
a. Surat kabar
b. Siaran radio
c. Siaran televisi
d. Media online
e. Majalah
Media yang dibuat oleh humas
Merupakan media untuk kalangan terbatas, bukan untuk umum.
Dibawah ini merupakan beberapa media yang sering digunakan oleh para praktisi humas yaitu:
a. House journal
b. Annual report
c. Company profile
d. Advertorial/pariwara
e. Brousure/selebaran
f. Media kits
g. Media sosial online
CIRI-CIRI MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
Karakteristik media internal:
a. Jangkauan serta pembaca humas internal harus dikenali karena akan mempengaruhi gaya.
b. Besar kecilnya kuantitas penerbitan akan mempengaruhi metode produksi dan kualitas materi.
c. Jurnal diterbitkan secara berkala dan teratur, memiliki tanggal publikasi tetap.
d. Isi jurnal berisi uraian hal-hal yang sudah terjadi.
e. Setiap jurnal hendak memiliki ciri khas berkaitan dengan isinya.
f. Jurnal internal harus disesuaikan dengan keseluruhan program humas.
KUNGGULAN DAN KELEMAHAN MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
1. Media Cetak
Keunggulan: analisa lebih tajam. Repetable
Kelemahan: lambat, visual yang terbatas, tidak ada audio
2. Media Elektronik
Keunggulan: cepat, ada audio visual, terjangkau visual
Kelemahan: tidak ada pengulangan
3. Media Online
Keunggulan : sangat cepat, audio visual, praktis
Kelemahan : ada beberapa kendala lain
Nama : Silvana Novanda Maharani
Kelas : XI OTKP 2 - 31
Smkn 1 Lumajang
Otomatisasi dan Tata Kelola Humas
BAB 9. MENERAPKAN PEMBUATAN PROFIL PERUSAHAAN.
https://novandaaa.blogspot.com/2019/04/bab-9-menerapkan-pembuatan-profil.html?m=1
Media komunikasi humas adalah segala bentuk media yang digunakan oleh seorang praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan mempublikasikan secara luas dan tujuannya agar produk/jasa yang dipasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.Media humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi.
B. MACAM MACAM MEDIA KOMUNIKASI
Media komunikasi yang digunakan oleh humas ada dua macam yaitu:
Media yang tidak dibuat oleh humas
Media ini disebut juga dengan media komunikasi komersial. Media komunikasi komersial diantaranya ada 5, yaitu:
a. Surat kabar
b. Siaran radio
c. Siaran televisi
d. Media online
e. Majalah
Media yang dibuat oleh humas
Merupakan media untuk kalangan terbatas, bukan untuk umum.
Dibawah ini merupakan beberapa media yang sering digunakan oleh para praktisi humas yaitu:
a. House journal
b. Annual report
c. Company profile
d. Advertorial/pariwara
e. Brousure/selebaran
f. Media kits
g. Media sosial online
CIRI-CIRI MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
Karakteristik media internal:
a. Jangkauan serta pembaca humas internal harus dikenali karena akan mempengaruhi gaya.
b. Besar kecilnya kuantitas penerbitan akan mempengaruhi metode produksi dan kualitas materi.
c. Jurnal diterbitkan secara berkala dan teratur, memiliki tanggal publikasi tetap.
d. Isi jurnal berisi uraian hal-hal yang sudah terjadi.
e. Setiap jurnal hendak memiliki ciri khas berkaitan dengan isinya.
f. Jurnal internal harus disesuaikan dengan keseluruhan program humas.
KUNGGULAN DAN KELEMAHAN MEDIA KOMUNIKASI HUMAS
1. Media Cetak
Keunggulan: analisa lebih tajam. Repetable
Kelemahan: lambat, visual yang terbatas, tidak ada audio
2. Media Elektronik
Keunggulan: cepat, ada audio visual, terjangkau visual
Kelemahan: tidak ada pengulangan
3. Media Online
Keunggulan : sangat cepat, audio visual, praktis
Kelemahan : ada beberapa kendala lain
Nama : Silvana Novanda Maharani
Kelas : XI OTKP 2 - 31
Smkn 1 Lumajang
Otomatisasi dan Tata Kelola Humas
BAB 9. MENERAPKAN PEMBUATAN PROFIL PERUSAHAAN.
https://novandaaa.blogspot.com/2019/04/bab-9-menerapkan-pembuatan-profil.html?m=1
Komentar
Posting Komentar